Tolak Panggil Paksa Miryam, Fadli Minta Kapolri Baca UU MD3

Tolak Panggil Paksa Miryam, Fadli Minta Kapolri Baca UU MD3

SHARE

Publik-News.com – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan menolak memanggil paksa Miryam S Haryani untuk dihadirkan dalam pansus angket KPK. Wakil Ketua DPR Fadli Zon berpendapat jika pemanggilan Miryam merupakan hak pansus.

“Itu hak Pansus sepenuhnya,” kata Fadli menanggapi sikap Kapolri, Selasa (20/6/2017)

Pemanggilan paksa untuk Miryam ini nantinya bakal dilakukan ketika pansus sudah mengirimkan surat pemanggilan sebanyak tiga kali namun ditolak oleh KPK. Pansus berpendapat pemanggilan paksa ini diatur dalam Undang-undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR DPR DPD dan DPRD (UU MD3).

sementara Tito menolak memenuhi permintaan pansus karena dalam UU MD3 tidak diatur terkait pemanggilan paksa untuk pihak terkait. Namun, Fadli bersikukuh jika pemanggilan paksa untuk Miryam sudah sesuai dengan UU MD3. Bahkan, Fadli meminta Tito membaca secara cermat UU MD3.

“Mungkin Pak Kapolri bisa baca lagi aturannya seperti apa. Sudah diatur di UU MD3 kok,” kata Fadli.

Soal materi penyidikan Miryam, apabila tidak boleh disampaikan di pansus, menurut Fadli materi itu tidak harus disampaikan. “Ini kan bukan menyangkut materi secara langsung. Ini menyangkut yang diminta itu diklarifikasi dulu,” kata Fadli.(Fq)

 

SHARE
Comment