Tugas Berat Menanti Komjen Suhardi Alius Menumpas Pengkikut Santoso

Tugas Berat Menanti Komjen Suhardi Alius Menumpas Pengkikut Santoso

SHARE

Publik-News.com – Gembong kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT), Santoso alias Abu Wardah sudah tewas dengan timah panas bersarang di tubuhnya dalam baku tembak di daerah Pesisir Utara Poso, Sulawesi Tengah.

Namun, kematian Santoso ini jangan dianggap remeh dan selesai aparat kepolisan menjalan tugas mulya negara menumpas kolompok teroris. Sebab, Santoso memiliki banyak anak buah yang tidak akan tinggal diam melihat pimpinannya tewas.

Selama 1,5 tahun diburu, Santoso bersama anak buahnya memiliki tempat persembunyian. Selama persembunyiannya, Santoso diketahui menguasai kawasan Gunung Biru di Kecamatan Tangkura, Kabupaten Poso. Pegunungan tersebut merupakan hamparan hutan belantara yang luas dan berbukit-bukit. Medan yang dilalui untuk bisa masuk ke sana saja sulit. Di sana pula Santoso melatih kemampuan menembak para anggotanya.

Itu sebabnya, anggota Komisi III DPR Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan bahwa tugas berat sudah menunggu Komjen Suhardi Alius setelah resmi ditunjuk menjadi Kepala BNPT. Sebab, bisa jadi kematian teroris Santoso membuat para anak buahnya melancarkan serangan yang tak terduga. Ini mengingat, beberapa anak buah Santoso berhasil melarikan diri saat penyergapan berlangsung.

“Ya kematian Santoso ini kan salah satu, cuma figur teroris itu pun cukup banyak. Dan ini tugas berat Pak Alius untuk mengemban tugas kembali,” kata Aboe kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (20/7/2016).

Kendati demikian, politikus PKS ini memberikan apresiasi dan hormat kepada Satgas Operasi Tinombala yang berhasil menewaskan teroris Santoso. “Kita berikan atensi dan hormat kepada tim satgas operasi tinombala antara TNI dan Polri yang berhasil. Tetapi bukan berarti menuntaskan bisa jadi masih ada kelanjutan-kelanjutan lagi dari kawan-kawan Santoso di Palu sana,” paparnya

Lantas, mampukah Komjen Suhardi Alius menjalankan tugas mulya membasmi kolompok teroris yang selama ini membuat resah masyarakat? ya kita tinggu saja kerja keras Kepala BNPT itu.

(Hurri Rauf)

SHARE
Comment