Home Nasional Universitas Diponegoro Berikan Gelar Doktor Honoris Causa Pada Susi

Universitas Diponegoro Berikan Gelar Doktor Honoris Causa Pada Susi

Publik-News.com-Universitas Diponegoro (Undip) Semarang hari ini memberikan gelar doktor honoris causa bidang kebijakan, pembangunan, kelautan, dan perikanan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Susi yang berijazah SMP, terharu dan meneteskan airmata atas penghargaan tersebut.

Rektor Undip Semarang, Yos Johan Utama, mengatakan gelar tersebut memang pantas untuk diberikan karena susi telah banyak melakukan gebrakan terkait kelautan dan perikanan.

Dari pihak kampus lanjutnya, sudah melakukan proses panjang dengan melakukan kajian bersama senat dan guru besar terkait pemberian gelar tersebut

“Berkat kebijakan beliau telah mewujudkan kesejahteraan dan kedaulatan negara,” kata Yos dalam pembukaan acara penganugrahan gelar doktor honoris causa di gedung Prof Soedarto, Undip, Semarang, Sabtu (3/12/2016).

Dalam sambutanya, susi mengaku sebelum ada moratorium yang dilakukannya, illegal, unreported, and unregulated fishing (IUU) di Indonesia telah banyak dirugikan, yakni  sebesar USD 20 miliar pertahun. Dengan data tersebut, Susi mengaku berusaha melakukan upaya supaya tidak terjadi lagi kerugian

“Dampaknya, jumlah rumah tangga nelayan turun 50% dari 1,6 juta keluarga menjadi 800 ribu keluarga dalam kurun waktu 10 tahun, 2003-2013,” kata Susi.

Atas pemberian gelar tersebut, susi merasa belum pantas untuk menerimanya karena saat ini gelar terakhirnya berada ditingkap SMP. “Sekarang menteri yang memimpin lembaga ini seorang doktor honoris causa,” ujar Susi disambut tepuk tangan dan tawa tamu undangan.

Sambil mengelurkan candaan, susi tampak mengeluarkan air mata. “Dulu saya tenggelamkan kapal pakai topi satgas 115, pakai rok biasa. Nanti ada foto saya menunjuk pakai toga, pasti lebih membuat takut lagi,” canda Susi.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan perwakilan dari TNI, Polri, serta perwakilandari kedutaan besar berbagai negara. (faruq)

 

 

Comment