Usai Divonis, Ahok Langsung Dibawa Ke Rutan Cipinang

Usai Divonis, Ahok Langsung Dibawa Ke Rutan Cipinang

SHARE

Publik-News.com – Usai majelis hakim menjatuhkan vonis, Kejaksaan langsung membawa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk ditahan di rutan cipinang.

“Ya nanti seperti yang lain saja ditempatkan di blok, kalau sudah di tempat saya,” kata Kepala rumah tahanan (Karutan) Cipinang Asep Sutandar di Jakarta, Selasa (9/5/2017).

Asep mengatakan belum mengetahui persisnya Ahok akan ditempatkan di mana. Namun, ia mengaku sudah ditelepon jika Ahok sedang dalam perjalanan menuju rutan tersebut.

“Saya belum tahu akan ditempatkan dimana, ini saya sedang dalam perjalanan ke rutan,” ungkap Asep.

“Tidak ada persiapan khusus karena saya juga baru ditelepon jaksanya katanya Pak Basuki mau masuk ke rutan,” imbuh Asep.

Menurut Asep, untuk Ahok jika nantinya ditahan di rutan Cipinang harus mengikuti aturan yang ada. Termasuk bagi yang ingin menjenguk harus seizin pengadilan.

“Pertama tetap pemeriksaan kesehatan, lalu registrasi dan ditempatkan di blok mapenaling (masa pengenalan lingkungan) selama 1-2 minggu,” ungkap Asep.

“Untuk menjenguk harus ada izin yang menahan, dan kalau banding berarti di tingkat pengadilan,”kata Asep.

sebelumnya, Majelis hakim menjatuhkan vonis dua tahun penjara untuk Ahok. Ahok dinyatakan terbukti melakukan penodaan agama yang dijerat dengan pasal 156a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang penodaan agama dengan ancaman hukuman penjara maksimal 5 tahun penjara.(Fq)

SHARE
Comment