Virus Zika Sudah Masuk di Indonesia

Virus Zika Sudah Masuk di Indonesia

SHARE

Publik-News.com – Sebelumnya ramai dalam pemeberitaan bahwa virus Zika tengah menjangkiti sebagian banyak penduduk di negara tetangga, Singapura. Namun ternyata, virus yang menular melalui gigitas nyamuk Aedes Aegypti tersebut telah masuk di Indonesia.

“Saya tidak bisa sebut angka pastinya. Hanya ada beberapa. Laporan yang masuk ke saya tidak banyak,” ujar Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek dalam keterangannya di Istana Negara, Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Nila mengungkapkan sebuah hasil penelitian menunjukkan temuan indikasi penyebaran virus zika telah sampai di Indonesia. Ia menyebutkan virus tersebut salah satunya menjangkiti penduduk di suku anak dalam, Jambi dan wisatawan yang datang ke Indonesia dari negara luar.

Nila mengatakan mengingat penyebaran virus Zika meluas di negara-negara luar, karena itu ia melakukan langkah pencegahan dengan menyiapkan petugas indentifikasi dari unsur Kemenkes di Bandara. Nila menambahkan warga negara asal Brazil yang memasuki Indonesia menjadi prioritas wisatawan yang diperiksa saat didapatkan di Bandara.

Alasannya, populasi penyebaran virus Zika tertinggi di negara Samba tersebut.

Kendati demikian, Nila menegaskan bahwa virus Zika yang ditemukan di Singapura tidak menunjukkan sebaran dari Brazil.

“Dan di Singapura yang kena itu tidak membawa pulang dari Brazil,” tutupnya.(Ahmad)

SHARE
Comment