Wapres: KPK Gagal Berantas Korupsi Jika Masih Banyak Pejabat Yang Ditangkap

Wapres: KPK Gagal Berantas Korupsi Jika Masih Banyak Pejabat Yang Ditangkap

SHARE

Publik-News.com – Wakil presiden Jusuf Kalla menilai bahwa ada yang salah dalam pola pikir masyarakat dalam menilai pemberantasan korupsi. Menurutnya, setiap negara memiki sistem sendiri dalam pecegahan korupsi. Sehingga dalam menilai kinerja KPK pun harus mempunyai ukuran tersendiri.

“Bangsa ini jangan berpikir kalau tidak ada yang ditangkap karena korupsi berarti KPK tidak bekerja dengan baik. Orang sekarang mulai takut mau korupsi, kalau masih banyak yang ditemukan dan ditangkap karena korupsi, berarti KPK gagal, masih banyak yang korupsi,” papar Wapres saat mengisi seminar, Selasa (25/10/2016) di Gedung Grha Sabha Pramana UGM.

Wapres mengimbau, pemberantasan korupsi tidak semudah membalikkan telapak tangan. Makanya perlu ketegasan dan kerjasama antar penegak hukum. Jangan sampai negara ini mencopy paste sistem negara lain.

Wapres mencontohkan negara Venezuela. Negara tersebut sangat kaya, rakyatnya menjadi miskin karena salah kebijakan dan korupsi. Ditambah dengan sumber daya alamnya dengan murah. “Kita harus mengurangi korupsi semaksimal mungkin, walau sulit,” ujarnya.

Wapres berharap, negara ini perlu restorative justice yakni bagaimana mengambalikan uang negara. Bukan sekedar menghukum, karena makin banyak masuk penjara belum tentu pelaku korupsi bisa berkurang.
(Faruq)

Comment