Wapres: Perkembangan Umat Islam di Indonesia Sangat Baik

Wapres: Perkembangan Umat Islam di Indonesia Sangat Baik

SHARE

Publik-News.com – Wakil Presiden RI, M. Jusuf Kalla kembali menggelar open house di hari ketiga Hari Raya Idul Fitri 1438 H di kediamannya, Jl. Haji Bau Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (28/6/2017). Pada momen ini, Wapres menemui sejumlah tokoh akademisi dan Rektor Perguruan Tinggi.

Pimpinan Universitas Islam Negeri Alauddin dan Pimpinan Badan Wakaf Universitas Muslim Indonesia adalah diantaranya. Kepada mereka, Wapres menyampaikan sejumlah tantangan aktual yang dihadapi dunia Islam.

Dikatakan bahwa perkembangan umat Islam Indonesia saat ini sangat baik, terutama dalam hal semangat dakwah Islam dikalangan perguruan tinggi. Wapres mencontohkan saat ini di Universitas Indonesia mahasiswanya yang muslim mayoritasnya sudah mengenakan jilbab, demikian halnya di Institut Pertanian Bogor, di Universitas Hasanuddin dan perguruan tinggi lainnya.

Menurut Wapres, disejumlah Perguruan Tinggi itu pada umumnya sudah mengenakan busana Muslim yang baik. Tapi disi lain, muncul juga fenomena radikalisme. Fenomena radikalisme menurut Wapres muncul terutama dipicu oleh pemahaman tentang masuk sorga yang instan.

“Ada yang berpikir instan untuk masuk sorga”, kata beliau. Wapres pun berbagi pengalaman tentang bagaimana menangani sejumlah konflik dan radikalisme.

Hal lain yang bersifat fundamental yang memicu radikalitas adalah persoalan ekonomi. Persoalan inilah sesungguhnya yang lebih utama dan terutama untuk diatasi. Karena itu dihadapan pimpinan Universitas Islam Negeri Alauddin, Wapres mengingatkan agar perguruan tinggi memperhatikan pentingnya mendorong penguasaan sains dan teknologi yang memiliki dampak langsung terhadap pererkonomian.

Sementara itu, Rektor Universitas Islam Negeri Alauddin Prof Musyafir Pabbabari pada kesempatan itu melaporkan bahwa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Alauddin tahun ini sudah mulai menerima Mahasiswa. (TK)

SHARE
Comment