Warga Keluhkan Air PAM Tidak Merata, Anies Janji Subsidi Hingga 80 Persen

Warga Keluhkan Air PAM Tidak Merata, Anies Janji Subsidi Hingga 80 Persen

SHARE

Publik-News.com –  Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga Anies Baswedan hari ini berkunjung ke Kalideres, Jakarta Barat. Dalam kunjungannya itu, Anies mendapat keluhan terkait tidak meratanya aliran air PAM yang didapat warga.

Dalam aduannya itu, warga mempersoalkan adanya perumahan yang baru dibangun tiba-tiba langsung mendapatkan air bersih. Sedangkan warga yang tinggalnya sudah puluhan tahun sampai saat ini belum bisa mendapatkannya.

“Kompleks di samping sini sudah ada air PAM. Sementara mereka di sini sudah puluhan tahun meminta mereka tidak pernah dapat air PAM. Salah satu program kita justru adalah pengadaan air PAM,” kata Anies di Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Senin (26/12/2016).

Dalam programnya nanti, Anies berjanji akan mensubsidi air PAM hingg 80 persen.  Yang akan menjadi prioritas untuk dipasang air PAM adalah rumah yang ukurannya di bawah 70 persegi

“Kita menargetkan bahwa rumah-rumah dengan ukuran seperti di sini menjadi prioritas utama. Rumah mereka yang kecil di bawah 70 meter itu akan diberikan subsidi 80 persen, jadi mereka cuma bayar 20 persen. Biaya pemasangannya pun gratis. Itu harapannya mereka bisa hidup lebih sehat,” jelas Anies.

Anies menganggap tidak meratanya aliran air PAM sebagai bentuk ketidakadilan. “Lain ya kalau misalnya seluruh daerah sini enggak ada air PAM. Namanya juga enggak ada air PAM, lah ini yang sampingnya dapat tapi pemukiman warga biasa enggak dapat. Terus jelasinnya bagaimana? karena itu yang seperti ini tak bisa diteruskan,” ucapnya.

Anies berencana akan membuat sistem pelaporan yang efektif dalam menampung keluhan warga. Yang tujuannya, warga bisa mendapat solusi langsung dari apa yang dikeluhkan.

“Perlu disiapkan mekanisme untuk pelaporan sehingga ada respon cepat. Saya rasa ke depan kenapa kita ingin buat transparan supaya warga tahu apa yang mau dibangun dan apa yang mau dikerjakan. Saya ingin masyarakat tidak hanya sekedar merasa pemimpinnya datang dan melihat, tapi harus ada solusi di sana,” ujar Anies. (Fq)

SHARE
Comment