Home Nasional Warga Minta Jokowi Tegas Stop Pembangunan Pabrik Semen Rembang

Warga Minta Jokowi Tegas Stop Pembangunan Pabrik Semen Rembang

63

Publik-News.com – Salah satu peserta aksi yang menolak pembangunan semen di Pegunungan Kendeng, Rembang, Jawa Tengah meninggal dunia. Ia adalah ibu Patmi, yang diketahui sebagai peserta yang ikut mengecor kakinya dengan semen di depan Istana Presiden, Jakarta.

Mendengar hal itu, Presiden Jokowi langsung menyampaikan bela sungkawa atas wafatnya Patmi. “Presiden menyampaikan belasungkawa mendalam atas wafatnya bu Patmi. Setelah mendengar itu, Presiden memerintahkan KSP (Kepala Staf Presiden) membantu pengurusan permakaman,” kata Juru Bicara Presiden Johan Budi, Rabu 22 Maret 2017.

Sementara itu, salah satu rekannya, Petani Kendeng M. Isnur mengatakan jika Patmi aktif memperjuangkan kelestarian lingkungan sejak tahun 2010.

“Dia katakan nduk aku berangkat ke Jakarta, aku berharap Pak Jokowi bisa menyelesaikan persoalan ini,” kata M. Isnur mencontohkan Patmi saat izin kepada anak dan keluarganya di Kendeng,

Ia mengaku kecewa dengan keputusan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang mengeluarkan izin baru terhadap pembangunan semen tersebut setelah sebelumnya gugatan dari warga dan Walhi menang di Mahkamah Agung.

Ia mengaku aksi penolakan terhadap pembangunan semen rambang ini akan tetap dilakukan. Ia hanya meminta ketegasan Presiden Jokowi untuk menyelesaikan persoalan ini.

“Di Indonesia ini yang paling berkuasa kan Pak Presiden kalau bukan ngikuti┬áPak Presiden siapa lagi,” kata Isnur.(Fq)

Comment